Home » » Sang Pemimpi (2009)

Sang Pemimpi (2009)


SINOPSIS:
Sang pemimpi adalah sebuah film yang bercerita tentang semangat untuk meraih mimpi dari tiga pemuda belitong. Dengan latar tahun 80-an, film yang merupakan sekuel dari laskar pelangi ini menceritakan masa remaja ikal, arai, dan jimbron. Adalah arai, anak dari keluarga pekerja rendahan di pn timah di belitong. Bersama dengan sepupunya, arai dan sahabatnya, jimbron, mereka melanjutkan sma di pelabuhan manggar yang letaknya jauh dari tempat tinggal mereka.

Di sana mereka menyewa kamar yang berada dekat dengan bioskop yang kerap menayangkan film-film khusus dewasa. Hal itu membuat ketiganya harus mengalami problematika masa remaja tanpa bimbingan orang tua. Meskipun begitu, ikal, arai, dan jimbron tetap berjuang meraih impian. Semangat mereka kian terlecut saat seorang guru di sekolah bernama balia membakar semangat ketiganya untuk bermimpi  bahwa suatu saat nanti mereka bisa menjelajahi dunia eropa dan belahan bumi lainnya. Tidak peduli dengan kondisi ekonomi ikal, arai, dan jimbron yang kurang, mereka harus membuat mimpi yang terlihat mustahil menjadi nyata. Tapi di saat yang sama, seorang guru bernama pak mustar membuat mereka takut. Sikap pak mustar yang keras dan disiplin sangat bertolak belakang dengan sikap guru balia. Bagi pak mustar, setiap anak yang salah harus dihukum, tidak peduli kesalahan apa pun yang dibuat muridnya.

Dalam perjuangan meraih mimpi itu, muncul persoalan lain. Selain masalah sekolah, mereka juga dirudung masalah cinta. Arai yang menyukai zakiah nurmala dan jimbron yang menyukai laksmi, gadis pemurung yang bekerja di pabrik cincau. Sementara itu, ikal membuat gairah mudanya membawanya kepada perasaan bersalah kepada bapak yang selalu membanggakan dirinya sejak kecil. Tapi karena rasa bersalah itu, ikal menjadi bangkit untuk meraih impian. Satu demi satu simpul kehidupan mulai mereka buka. Baik itu cita-cita dan cinta. Tapi saat gelar sarjana telah diraih, tiba-tiba saja arai menghilang. Tinggallah ikal yang sendirian mengadu nasibnya untuk mengejar mimpi. Apakah ikal tetap bisa meraih impiannya tanpa kehadiran arai?

Film sang pemimpi masih menonjolkan eksotisnya pemandangan pulau belitong. Dengan dipenuhi kisah orang pinggiran yang berjuang untuk meraih mimpi, menjaga persahabatan, dan hubungan yang tulus dengan orangtua, film sang pemimpi menyuguhkan tontonan yang luar biasa




Share This :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2016 PENIKMAT FILM